Minggu itu adalah minggu yang cukup sibuk seperti minggu-minggu sebelumnya dan hari jumat adalah hari 2 praktikum bagi gw : geodas dan krismin. Setiap praktikum krismin kita biasanya dikasih tugas pendahuluan, bikin tabel kristal dan gambar2nya. Melihat anak-anak yang praktikumnya lebih dulu dari gw, ngerjain H-1, kerepotan minjem pensil warna, gw suka miris. Gw saat itu belum tahu kalo diri gw sendiri lebih patut buat di-miris-in.
Pagi itu, abis sahur gw ngebut ngerjain tugas pendahuluan praktikum krismin -kristalografi dan mineralogi, untuk gampangnya sebut saja mimin. Praktikum mimin jam 3 sore dan praktikum geodas -geologi dasar, supaya akrab kita sebut dadas, jam 7.30 pagi.
Gw berjuang ngerjain tugas mimin sebelum berangkat praktikum dadas.
Selesai praktikum dadas, gw cabut ke kosan buat nerusin ngerjain tugas praktikum mimin. Gw pun mengerjakannya dengan superserius. Karena ternyata tugasnya adalah banyak sekali saudara-saudara.. Ga lagi-lagi deh ngerjain tugas pas hari H *_*
Gw pun melawan rasa kantuk sampe kepala jatoh2. Akhirnya gw memutuskan tidur barang 15 menit. Gw menyandarkan kepala di atas meja dan tidur gw pun dimulai.
Lelap sekali..
Untung ada Inay yang sedang ngerjain tugas juga di kamar gw, dia membangunkan gw untuk pamit. Fyuh, untung ga ketiduran.. Tapi tetap saja gw panik. sekitar 3 jam lagi praktikumnya dan gambar kristalnya masih banyaaak. Yang rapi, ayo semangat!
Perjuangan gw berakhir jam setengah 3 sore-an dan gw buru2 ngeprint cover tugas. Rada lama, trus gw langsung manggil abang ojek. Selama di jalan gw udah tenang kan, setidaknya udah selesai, tapi takut telat juga. Karena kalo telat ada hukumannya gitu.
Pas udah ngelewatin cisitu baru, gw merogoh kocek buat ambil ongkos. Eh, ternyata ada flashdisk di kocek gw, dan jatuhlah itu ke jalan. Waaa panik mode on. Gw berpikir cepat a la kodok, ambil flashdisk dan kemungkinan telat atau beli flashdisk baru dan ada kemungkinan telat juga? Gw ambil yang pertama.
''A, bisa tolong muter lagi ga? Ada yang jatoh..''
Si abang memutar dan gw mulai mencari. Dalam hati gw mikir, kok bisaaaa coba flashdisk jatoh. Seumur2 belum pernah kejadian, mana lagi buru2 dan panik lagi. Sekitar 2 menit gw mencari dan akhirnya ketemu. Gw kembali ke jok belakang si abang ojek dan motor mulai melaju ke kampus. Gw ngeliat jam 2.57 PM
Hooh masih ada harapan, masih ada harapan.
Sampai di gerbang belakang, gw langsung lari ga nyante. Orang2 yang lagi jalan santai ngeliatin gitu.Pingin banget rasanya gw bilang ''itu, itu ada maling. ayo kita kejar!'' supaya mereka ikutan lari juga, biar gw ga merasa menderita sendirian.
Gw menaiki tangga secepat flash, bedanya gw sampai tersengal-sengal. Sampai di laboratorium.. Fyuh, baru mau mulai tes awal. Gw mungkin terlambat sedikit, tapi sepertinya masih bisa ditolerir. Hore!
Setelah ngerjain tes awal, gw ngumpulin tugas itu. Gw merasa sudah mengerahkan jiwa dan raga buat ngebikin itu laporan. Gw duduk aja..
Lalu asistennya mulai menyampaikan betapa dia kecewa sama anak2 yang ga serius ngerjain laporannya. Ada yang kertasnya kotor lah, gambarnya ini lah, dan lain-lain. Lalu dia menyebutkan si anu yang laporannya bagus. Gw ga masalah.. sampai beberapa menit kemudian asistennya nyamperin gw.
''Ini, laporannya, udah rapi sih. Gambar kristalnya udah bagus, tapi ini gambar mineralnya...''
Gw ngangguk2 kecil, belum ngerti maksud kakaknya apa. Trus kakaknya ngeletakin laporan gw dan berkata agak pelan, sepertinya ga tega ''Nanti diulang lagi ya?''
Gw masih ga nangkep.
Masih capek abis lari2 tadi.
Lalu gw memastikan, ''Diulang kak?''
''Iya, gambar mineralnya aja, gambar ulang trus ditempel juga boleh..''
Seketika hati gw remuk. Oke, mungkin gw berlebihan, fyi gw sudah cukup perfeksionis ngerjain tugasnya.
Sore itu, sehabis praktikum, gw merenung.
Kadang orang ga tau apa yang kita sudah alami, untuk melakukan sebuah pencapaian. Kalau bagi mereka itu ga cukup, mereka akan menuntut lebih. Saat itulah, yang kita butuhkan adalah kesabaran dan tetap berikhtiar.
Ambil hikmahnya; untuk pendewasaan..
Monday, September 6, 2010
Malpraktik (um)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 responses:
Post a Comment